Kamis, 02 Juli 2015

Tugas 5 Bahasa Indonesia

Tugas 5 Bahasa Indonesia

Pertumbuhan Komputer di Indonesia

Dahulu, kata komputer cenderung diartikan sebagai alat hitung. Menurut Molle (2014), “Komputer yaitu alat yang digunakan untuk memproses data menurut prosedur yang sudah dirumuskan”. Sementara di zaman modern saat ini, komputer tidak hanya sebagai alat hitung. Komputer saat ini memiliki banyak komponen untuk fungsi yang berbeda-beda. Tidak hanya untuk menyelesaikan perhitungan matematis, komputer bahkan menjadi salah satu sarana hiburan. Komputer telah berkembang sangat pesat semenjak awal diciptakan.
Seiring dengan berkembangnya komputer, pertumbuhannya juga semakin pesat. Jumlah pemilik komputer di dunia semakin meningkat setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri, perumbuhan komputer cukup pesat. Pengiriman komputer personal ke Indonesia dari tahun fiskal 2009 sampai tahun 2012 meningkat hampir tiga kali lipat (Darmawan dan Firman, 2010). Pertumbuhan tersebut pesat karena meningkatnya pengguna jejaring social seperti facebook dan twitter (Marboen, 2011).
Pada saat ini, diperkirakan pertumbuhan komputer mulai melambat bahkan mungkin berhenti. Perkembangan gadget mulai menggeser pertumbuhan komputer. Pengguna ponsel pintar dan tablet meningkat semenjak pertengahan tahun 2014. Saat ini, dari puluhan juta pengguna internet di Indonesia, dua per tiganya telah menggunakan ponsel pintar (Sari, 2014). Selain perkembangannya, harga ponsel pintar yang menurun membuat pertumbuhan komputer semakin tergerus. Bisa diperkirakan pada 2015 pertumbuhan komputer hanya dipengaruhi oleh kalangan pengembang dan pemain game.




Daftar Pustaka
Molle, Errick Julian. 2014. “Pengertian Komputer Secara Umum dan Khusus”
http://www.gubuginformasi.com/ (diakses 31 Mei 2015)
Firman, Muhammad dan Indra Darmawan. 2010. “Pertumbuhan PC Indonesia Terbesar di Dunia”
http://teknologi.news.viva.co.id/ (diakses 7 Juni 2015)
Marboen, Ade (Ed.). 2011. “Pertumbuhan Komputer Paling Pesat Ada di Indonesia”
http://www.antaranews.com/ (diakses 7 Juni 2015)

Sari, Novia. 2014. “Tahun 2015, Pertumbuhan Ponsel Pintar Melejit dan Komputer Turun”
http://www.marketeers.com/ (diakses 7 Juni 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar